Sepanjang Libur Lebaran, 500 Ribu Wisatawan Memadati Puncak Bogor

Rabu, 04 Mei 2022 – 23:05 WIB
Sepanjang Libur Lebaran, 500 Ribu Wisatawan Memadati Puncak Bogor - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kepadatan arus lalu lintas di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Jakarta Yayat Supriatna memperkirakan lebih dari 500 ribu orang per hari memasuki kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, selama libur lebaran 2022.

"Asumsinya bisa mencapai 500 ribu orang yang ke Puncak. Jika ditambah dengan pergerakan warga lokal, maka potensi jumlah orang yang beraktivitas di kawasan Puncak bisa mencapai lebih dari setengah juta orang," kata Yayat, Rabu (4/5).

Menurutnya, angka tersebut berdasarkan pada asumsi jumlah kendaraan yang masuk ke Tol Jagorawi menuju Puncak saat libur lebaran, yang diperkirakan mencapai 50 ribu kendaraan.

Jika rata-rata kendaraan berisi lima orang, maka perkiraannya terdapat 250 hingga 300 ribu orang yang berwisata ke Puncak, ditambah jumlah pengunjung yang menggunakan sepeda motor.

"Kalau ditambah sepeda motor yang jumlahnya bisa mencapai 50 ribu atau 100 ribu dan rata-rata dua orang, maka ada potensi 100-200 ribu orang yang naik motor," tambah Anggota Tim Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor itu.

Oleh karena itu, dia meminta petugas mengantisipasi adanya konvoi kendaraan di jalur Puncak yang kerap terjadi selama libur lebaran. Ia juga berpesan kepada masyarakat agar mempertimbangkan kembali sebelum berwisata ke kawasan Puncak karena sudah hampir dipastikan akan terjadi kemacetan.

"Jangankan lebaran, (libur) Sabtu-Minggu saja sudah macet. Maka, selama masih ada pilihan lain yang lebih baik, pilihan itu perlu kita pertimbangkan," tutupnya. (antara/jpnn)

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Yayat Supriatna memprakirakan lebih dari 500 ribu orang per hari memasuki kawasan Puncak, Bogor, selama libur lebaran.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News