Tentukan 1 Syawal 1443 Hijriah, BMKG Kota Bandung Lakukan Rukyat Hilal di Subang

Minggu, 01 Mei 2022 – 13:25 WIB
Tentukan 1 Syawal 1443 Hijriah, BMKG Kota Bandung Lakukan Rukyat Hilal di Subang - JPNN.com Jabar
Rukyatulhilal. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung bakal melakukan Rukyat Hilal dalam menentukan 1 Syawal 1443 Hijriah pada Minggu (1/5).

Mekanisme pengamatan/rukyat hilal penentu awal bulan Qomariah (Hijriah) oleh BMKG adalah dengan memanfaatkan teleskop/teropong yang otomatis terintegrasi dengan teknologi informasi.

Kemudian, data yang diperoleh tersebut dikirim secara realtime ke server di BMKG Pusat dan disimpan untuk disebarluaskan secara online ke seluruh dunia melalui situs resmi BMKG.

“Tim Stasiun Geofisika Bandung akan melakukan pengamatan di Tower Masjid SMA Plus Astha Hannas, Subang,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu dalam keterangannya.

Rahayu mengatakan, pengamatan hilal akan dilakukan bersama dengan sejumlah pihak, yaitu Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Kementerian Agama Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Majalengka, MUI Kabupaten Subang, Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Subang, dan Tim Rukyatul Hilal Yayasan Astha Hannas Subang.

“Berdasarkan data prakiraan cuaca pada tanggal 1 Mei di wilayah Subang pada sore hingga malam hari diperkirakan dalam kondisi hujan ringan,” ujarnya.

Rahayu menjelaskan, masyarakat bisa ikut serta menyaksikan pengamatan hilal penentu 1 Syawal 1443 Hijriah pada sore hingga petang melalui live streaming dengan mengakses laman BMKG dari rumah http://www.bmkg.go.id/hilal dari rumah masing-masing.

“Untuk mengawali bulan Syawal, umat Islam Indonesia sebaiknya menunggu keputusan Menteri Agama Republik Indonesia yang akan diumumkan pada malam ini, setelah sidang isbat,” ujarnya. (mcr27/jpnn)

Sore ini BMKG Bandung bakal melakukan rukyat hilal di Tower Masjid SMA Plus Astha Hannas, Subang, untuk menentukan satu Syawal 1443 Hijriah.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News