Jakarta Harap Waspada, Bendungan Katulampa Siaga 3

Senin, 18 April 2022 – 22:10 WIB
Jakarta Harap Waspada, Bendungan Katulampa Siaga 3 - JPNN.com Jabar
Kondisi Bendungan Katulampa, Kota Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Hujan deras yang mengguyur Kota Bogor pada Senin (18/4) sore hingga malam hari membuat Tinggi Muka Air (TMA) di Bendungan Katulampa Siaga 3.

Tercatat, ketinggian debit air di Bendung Katulampa sudah mencapai 130 cm pada pukul 21:00 WIB dengan kecepatan 216 meter kubik per detiknya.

Kepala Bendung Katulampa, Andi Sudirman menerangkan, kenaikan tinggi air disebabkan curah hujan yang merata di wilayah Bogor sejak pukul 17:00 WIB.

"Tadi siang TMA masih normal di bawah 50 cm. Naik secara drastis saat hujan tadi sore hingga malam, dan saat ini sudah Siaga 3," kata Andi, Senin (18/4) malam.

Kenaikan TMA mulai terjadi sekitar pukul 18:00 WIB. Berselang 30 menit, TMA naik dari yang semula 50 cm menjadi 100 cm atau Siaga 3.

"Hingga pukul 21.00 WIB tadi TMA di Bendungan Katulampa kembali naik menjadi 130 cm," ujarnya.

Andi memprakirakan TMA Ciliwung akan terus meningkat mengingat curah hujan saat ini masih tinggi di hulu Ciliwung di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

"Diperkirakan sekitar 10 hingga 12 jam, aliran Ciliwung akan tiba di hilir Jakarta dan sekitarnya," ungkapnya.

Hujan deras yang mengguyur Bogor pada Senin (18/4) sore hingga malam hari membuat Tinggi Muka Air (TMA) di Bendungan Katulampa Siaga 3.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News