Kepadatan di Jalur Puncak Bogor Diprediksi Akan Terjadi Pada H-5 Lebaran

Senin, 18 April 2022 – 19:50 WIB
Kepadatan di Jalur Puncak Bogor Diprediksi Akan Terjadi Pada H-5 Lebaran - JPNN.com Jabar
Kemacetan di Jalur Puncak Bogor. Foto: Nelvi/Radar Bogor/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kepolisian Resor Bogor, Polda Jawa Barat memprediksi kepadatan arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor akan terjadi pada H-5 Lebaran 1443 Hijriah atau 27 April 2022 mendatang.

"Lonjakan arus lalu lintas diprediksi akan meningkat satu hari jelang cuti bersama. Itu sih prediksi H-5 Lebaran," ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Adrian, Senin (18/4)

Menurutnya, selama ramadan penerapan rekayasa lalu lintas di jalur penghubung Kabupaten Bogor-Kabupaten Cianjur itu berupa sistem satu arah atau one way secara situasional dengan melihat volume kendaraan yang melintas.

“Mengingat arusnya sepi, cenderung lengang tidak perlu dilakukan rekayasa, hanya kami antisipasi kerahkan anggota pengaturan di titik-titik hambat antisipasi, nanti sore hari menjelang buka puasa antisipasi yang mau ngabuburit kami antisipasi lonjakan arus yang akan berbuka di kawasan puncak,” kata Adrian.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menyebutkan bahwa pihaknya juga menyiapkan konsep pembatasan kendaraan besar seperti bus dan truk untuk melintas di jalur alternatif kawasan Puncak.

"Perlu adanya aturan pembatasan kendaraan bus atau truk ke jalur alternatif Puncak, dengan memasang rambu di simpang jalur alternatif," kata Dicky.

Menurutnya, kemacetan di jalur alternatif sekitaran Puncak salah satunya disebabkan oleh kendaraan bus dan truk yang lebarnya hampir sama dengan ruas jalan.

Dicky mengusulkan pembuatan lokasi parkir khusus kendaraan besar yang akan masuk ke kawasan wisata yang ada di jalur alternatif Puncak. Kemudian menyediakan angkutan khusus dari lokasi parkir kendaraan besar ke tempat-tempat wisata.

Kepolisian Resor Bogor memprediksi kepadatan arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor akan terjadi pada H-5 Lebaran atau 27 April 2022 mendatang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News