Pesan Mendalam Menteri Agama untuk Santri Kota Bogor

Selasa, 22 Oktober 2024 – 15:30 WIB
Pesan Mendalam Menteri Agama untuk Santri Kota Bogor - JPNN.com Jabar
Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari saat memimpin apel bersama para santri di Plaza Balai Kota Bogor, Selasa (22/10/2024) pagi. Foto: Pemkot Bogor

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Memperingati Hari Santri Nasional 2024 yang jatuh pada 22 Oktober, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar apel bersama para santri di Plaza Balai Kota Bogor, Selasa (22/10/2024) pagi.

Mengusung tema 'Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan', tema tersebut mengingatkan pada salah satu bait dalam kitab 'Alfiyah Ibnu Malik' yang berbunyi, 'Wama yalil mudhofa ya’ti kholafa, anhu fil i’robi idza ma hudzifa', yang berarti seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiai ketika sang kiai wafat.

Dalam kesempatan itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Nasaruddin Umar.

“Selamat Hari Santri untuk seluruh santri di Kota Bogor dan seluruh Indonesia. Semoga santri terus memperjuangkan perjuangan para kiai dari sejak zaman kemerdekaan sampai sekarang. Perjuangan para santri berbeda, mungkin sekarang lebih kepada perjuangan membangun, mendoakan, melalui pena, dan seterusnya,” ungkap Nasaruddin Umar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Hery Antasari.

Hery menambahkan tema tersebut adalah penegasan bahwa para santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

Menyambung juang bukan berarti hanya mengenang, tetapi beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern.

Hari Santri, disebutkan, bukan hanya milik santri maupun pondok pesantren, namun milik semua golongan dan seluruh elemen bangsa yang mencintai negaranya. Semua komponen bangsa diajak untuk turut serta merayakan Hari Santri.

“Hari Santri juga adalah momentum bagi kita untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujar Hery.

Memperingati Hari Santri Nasional 2024 yang jatuh pada 22 Oktober, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar apel bersama para santri di Plaza Balai Kota Bogor
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News