Bendungan Cipanas Diperkirakan Mampu Mengairi Belasan Ribu Hektare Lahan di Indramayu

Selasa, 15 Oktober 2024 – 20:30 WIB
Bendungan Cipanas Diperkirakan Mampu Mengairi Belasan Ribu Hektare Lahan di Indramayu - JPNN.com Jabar
Pjs Bupati Indramayu Dedi Taufik (tengah) saat meninjau kondisi Bendungan Cipanas, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Pemkab Indramayu)

jabar.jpnn.com, INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu memastikan kehadiran Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang dapat menunjang sistem pengairan yang lebih efektif untuk lahan pertanian di daerahnya.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Dedi Taufik mengatakan fasilitas tersebut diproyeksikan mengairi sekitar 6.000 hektare lahan pertanian di Indramayu, terutama pada wilayah Kecamatan Terisi, Losarang, dan Kandanghaur serta tambahan 3.000 hektare lahan potensial lainnya.

Adapun proses pengisian bendungan itu ditargetkan selesai pada awal 2026.

“Bendungan Cipanas, yang diresmikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada 9 Juli 2024, memiliki kapasitas tampung hingga 250 juta meter kubik air,” kata Dedi, Selasa (15/10).

Menurut dia, lahan pertanian di wilayah tengah Kabupaten Indramayu, khususnya di tiga kecamatan itu selama ini mengandalkan saluran irigasi dari Cipelang.

Dengan kehadiran Bendungan Cipanas, kata Dedi, pasokan air irigasi dapat lebih optimal hingga ke daerah hilir.

“Kami ingin memastikan pertanian tetap produktif, sehingga para petani tidak mengalami gagal panen atau gagal tanam di masa mendatang,” ujarnya.

Selain itu, Dedi juga menyoroti pentingnya persiapan menghadapi musim tanam kedua (gadu), yang berlangsung setelah musim hujan.

Pemkab Indramayu memastikan kehadiran Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang dapat menunjang sistem pengairan yang lebih efektif untuk lahan pertanian
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News