Pemkot Bogor Buru Oknum DLH Pelaku Pungli di Pasar Tumpah Merdeka

Jumat, 20 September 2024 – 12:55 WIB
Pemkot Bogor Buru Oknum DLH Pelaku Pungli di Pasar Tumpah Merdeka - JPNN.com Jabar
Salah satu titik pasar tumpah di Jalan Merdeka, Kota Bogor. ANTARA/Shabrina Zakaria.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengusut keterlibatan oknum Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) di pasar tumpah Jalan Merdeka, Kelurahan Ciwaringin.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari mengatakan saat ini juga tengah dilakukan pemberantasan preman yang melakukan pungli terhadap para pedagang sehingga relokasi terkendala.

“Sedang dicek dan didalami (oknum DLH terlibat). Tapi yang jelas preman lebih signifikan untuk diberantas,” kata Hery Antasari.

Kepala DLH Kota Bogor Denni Wismanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah menelusuri siapa oknum tersebut. Termasuk bagaimana mekanisme pungli yang dilakukan.

Terlebih, kata dia, alasan kebersihan kerap digunakan para oknum untuk melakukan pungli.

“Misalnya apakah ini tip, atau minta, atau memaksa, kita belum tahu. Info sementara bukan mereka yang meminta (ke pedagang), dia diberi kalau tidak salah,” ucapnya.

Kendati demikian, Denni menegaskan, apabila benar ditemukan ada pelanggaran, maka DLH akan menerapkan sanksi sesuai aturan dan mekanisme.

“Kalau dia petugas, ya mungkin kita kasih teguran satu dan dua, kalau memang berat bisa diberhentikan. Kalau misal ASN, kita kirim ke inspektorat. Itu semua ada mekanisme,” jelasnya.

Pemkot Bogor mengusut keterlibatan oknum Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) di pasar tumpah Jalan Merdeka
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News