Persis Tetapkan 2 April Awal Ramadan, Asalkan

Jumat, 01 April 2022 – 15:08 WIB
Persis Tetapkan 2 April Awal Ramadan, Asalkan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Sejumlah orang melakukan rukyatul hilal penentuan 1 Ramadan atau awal puasa. Foto: ANTARA/Dian Hadiyatna)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Persatuan Islam (Persis) menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Ketetapan tersebut merupakan hasil perhitungan metodologi Hisab Imkanur Ru’yah kriteria astronomi, juga sesuai dengan hasil musyawarah bersama Tasykil PP Persis, Dewan Hisbah dan Dewan Hisab Rukyat PP Persis pada 28 Rajab 1443 H/02 Maret 2022 M.

Namun, dikarenakan Persis menggunakan dua metode dalam menentukan hal tersebut, bisa saja 1 Ramadan ditetapkan pada 3 April 2022, jika hilal tidak terlihat hari ini.

“Jika saat terbenam matahari pada tanggal 1 April 2022 hilal tidak terlihat, maka 1 ramadan 1443 H ditetapkan pada hari Minggu, 3 April 2022,” kata Wakil Ketua Umum Persis Jeje Zaenudin dikonfirmasi, Jumat (1/4).

Jeje menjelaskan, sejak tahun 2013 pihaknya sudah menggunakan kriteria tiga derajat atau hisab hakiki wujudul hilal.

“Memang kami sejak tahun 2013 kriteria kami ini sudah 3 derajat dan mengusulkan ke pemerintah, tetapi selama ini mabim masih mengkaji dan baru tahun ini diputuskan masbim juga standarnya 3 derajat,” jelasnya.

“Karena kalau 2 derajat, menurut data penelitian, belum ada fakta ilmiah yang terekam oleh peneropong bulan hilal tersebut,” tambahnya.

Kendati demikian, pihaknya masih tetap akan menunggu hasil musyawarah dan sidang isbat pemerintah pusat yang baru akan diumumkan malam nanti.

Persis menetapkan satu ramadan jatuh pada Minggu, 3 April dengan catatan jika saat terbenam matahari pada hari ini hilal tidak terlihat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News