PLN NP Cirata Dukung Inovasi Eceng Gondok Jadi Pakan Ternak di Bandung Barat

Sabtu, 27 Juli 2024 – 13:00 WIB
PLN NP Cirata Dukung Inovasi Eceng Gondok Jadi Pakan Ternak di Bandung Barat - JPNN.com Jabar
PLN NP Cirata melakukan inovasi dengan mengubah gulma eceng gondok menjadi pakan ternak. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - PT PLN Nusantara Power (NP) Unit Pembangkit (UP) Cirata terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inovasi.

Teranyar, PLN NP Cirata melakukan inovasi dengan mengubah gulma eceng gondok menjadi pakan ternak. Inisiatif ini dilakukan bersama Kelompok ECI (Eceng Cirata Lestari), yang merupakan kelompok binaan CSR PLN Nusantara Power.

Sebelumnya, eceng gondok dikenal sebagai limbah yang dapat mengganggu aktivitas operasional PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Cirata. Selain itu, eceng gondok hanya diolah menjadi kerajinan tangan dan pupuk kompos.

Melalui inovasi terbaru ini, eceng gondok kini terbukti dapat menjadi pakan ternak.

Menjadi solusi di tengah krisis hijauan pakan ternak yang sangat berdampak kepada peternak di Jawa Barat, khususnya di Bandung Barat.

Aktivitas ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat dan ternak. Lingkungan pun menjadi berseih dan lestari.

Ekosistem ikan di waduk terjaga dan yang tidak kalah penting adalah menjaga keberlangsungan pasokan air untuk pembangkit PLTA, milik PLN NP UP Cirata.

Atas inovasi ini, PLN NP UP Cirata mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Salah satu apresiasi datang dari Plt Kepala Dispernakan Bandung Barat, Wiwin Aprianti.

PLN NP Cirata melakukan inovasi dengan mengubah gulma eceng gondok menjadi pakan ternak.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News