Kinerja 4 BUMD Kota Bogor Dievaluasi, Perumda Trans Pakuan dan Pasar Pakuan Jaya Paling Jeblok!

Senin, 15 Juli 2024 – 20:30 WIB
Kinerja 4 BUMD Kota Bogor Dievaluasi, Perumda Trans Pakuan dan Pasar Pakuan Jaya Paling Jeblok! - JPNN.com Jabar
Rapat koordinasi evaluasi BUMD Kota Bogor, di IPB International Convention Center, Senin (15/7/2024). (ANTARA/Shabrina Zakaria)

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja empat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di wilayahnya, dalam kurun waktu 2021 hingga 2023 dan triwulan pertama di 2024.

Empat BUMD tersebut ialah Perumda Tirta Pakuan, Bank Kota Bogor, Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) dan Perumda Trans Pakuan (PTP).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menyampaikan empat BUMD dengan kinerja yang berbeda-beda ini dievaluasi dari segi administrasi, teknis, keuangan, laba, sektor pengembangannya, inovasi, dan sebagainya.

“Tetapi pada umumnya dari kondisi pengelolaan keuangannya WTP (wajar tanpa pengecualian). Jadi, keuangannya itu kriterianya WTP atau sehat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Syarifah menyebutkan, dari hasil penilaian, dua BUMD yakni Perumda Tirta Pakuan dan Bank Kota Bogor mendapatkan nilai AA atau sehat sekali.

Sedangkan, lanjut dia, PTP mendapatkan nilai BB dan Perumda PPJ mendapatkan nilai BBB atau kurang sehat. Sehingga dua BUMD ini dikejar untuk mendapatkan nilai A di triwulan berikutnya.

“Kami sih harapkan ini untuk 2024 baru triwulan pertama, kami harapkan di dua triwulan berikutnya itu kami ingin yang tadinya nilainya BBB, semua jadi A. Jadi PTP dan Perumda PPJ bisa up (naik),” kata Syarifah.

Terkait laba, ia menjelaskan, Bank Kota Bogor sempat mengalami penurunan pascapandemi Covid-19. Sebab, saat itu Bank Kota Bogor banyak memberikan keringanan bagi masyarakat yang melakukan pinjaman.

Pemkot Bogor evalusi kinerja empat BUMD, yakni Perumda Tirta Pakuan, Bank Kota Bogor, Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) dan Perumda Trans Pakuan (PTP)
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News