Menteri Bahlil Lupa Nilai Investasi PMDN Pembangunan Infrastruktur IKN

Kamis, 11 Juli 2024 – 17:50 WIB
Menteri Bahlil Lupa Nilai Investasi PMDN Pembangunan Infrastruktur IKN - JPNN.com Jabar
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ditemui di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (11/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengaku lupa berapa nilai investasi dalam negeri yang sudah dikeluarkan untuk pembangunan infrastuktur di Ibu Kota Negara (IKN) Penajam Paser Utara.

Namun, ia memastikan investasi dipakai untuk membangun sejumlah sarana dan fasilitas seperti hotel, rumah sakit, hingga gedung pertemuan.

“(Nilai) PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri)? Aduh lupa. Tapi yang jelas semua investasi hotel, kemudian tempat-tempat fasilitas umum, kemudian restoran, rumah sakit, kemudian gedung pertemuan, sarana olahraga, itu semuanya masuk dalam PMDN,” ucap Bahlil saat ditemui di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (11/7).

Meski begitu, Bahlil menyatakan, satu bulan menjelang upacara perdana Hari ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, pembangunan infrastuktur terus dikebut.

Menurutnya, pembangunan bandara di IKN ditargetkan rampung sebelum tanggal 17 Agustus, begitu juga dengan jalan tol sepanjang 10 km.

“IKN, kami akan upacara pada tanggal 17 Agustus di IKN dan sekarang untuk bandaranya akan jadi sebelum tanggal 17 Agustus, akan mendarat. Kemudian, tolnya juga hampir jadi ya,” kata Bahlil.

“Doakan mudah-mudahan tinggal sekitar 10 km, tapi andaikan pun gak selesai akan keluar di jalan utama dan semuanya sudah aspal,” lanjutnya.

Bahlil juga menjelaskan soal investasi di IKN. Kata dia, di klaster pertama investasi sepenuhnya ditanggung PMDN, baru klaster kedua dari modal asing.

Ditanya soal nilai investasi dalam negeri di IKN, Menteri Bahlil jelaskan begini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News