Program SKCK Goes to School Ala Polresta Bogor Kota Diganjar Penghargaan dari KemenPPPA

Selasa, 09 Juli 2024 – 21:30 WIB
Program SKCK Goes to School Ala Polresta Bogor Kota Diganjar Penghargaan dari KemenPPPA - JPNN.com Jabar
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso saat memberikan sambutan di sela-sela pemberian penghargaan. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI memberikan penghargaan kepada Polresta Bogor Kota yang diwakili Kapolresta Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, atas perannya dalam penyelenggaraan perlindungan anak di Kota Bogor.

Deputi Perlindungan Anak KemenPPPA, Nahar mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kinerja Kapolresta Bogor Kota dan jajarannya, lewat program “SKCK Goes to School” dalam menangani anak-anak yang terlibat tawuran.

Nahar menjelaskan KemenPPPA melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap aktivitas-aktivitas perorangan maupun lembaga, yang berperan dalam menangani perlindungan anak.

“Secara kelembagaan, kami mendapatkan laporan Polresta Bogor Kota melakukan kegiatan yang sesungguhnya membantu keluarga, membantu pemerintah, untuk menangani anak-anak yang perlu penanganan dan perlindungan khusus. Dalam hal ini adalah penanganan anak-anak yang terlibat tawuran,” katanya, Selasa (9/7).

Nahar mengatakan dalam program SKCK Goes to School ini Polresta Bogor Kota melakukan mitigasi yang selangkah lebih maju, dalam rangka mencegah anak-anak harus berhadapan dan diproses hukum.

“Sebelum itu terjadi, Pak Kapolresta, begitu ada tanda-tanda anak melakukan tawuran, ada laporan dari masyarakat, kemudian dimasukkan ke dalam SKCK Goes to School,” ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan dalam SKCK Goes to School antara lain, membersihkan sungai, membuat produk keterampilan, berkebun di kebun hidroponik, olahraga bersama, penanganan mental atau mental treatment, dan sebagainya.

“Kami berharap ini bisa diadopsi di daerah lain. Program seperti ini itu komprehensif. Dalam menangani anak yang perlu penanganan itu harus cepat, komprehensif, dan terintegrasi. Nah tiga unsur itu muncul di SKCK Goes to School,” ucapnya.

KemenPPPA RI memberikan penghargaan kepada Polresta Bogor Kota atas perannya dalam penyelenggaraan perlindungan anak di Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News