Pemkot Ingin Jadikan Depok Sebagai Kota Ramah Lansia

Rabu, 03 Juli 2024 – 19:45 WIB
Pemkot Ingin Jadikan Depok Sebagai Kota Ramah Lansia - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pemkot Depok. (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung program kesejahteraan lansia. 

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan berbagai upaya telah dilakukan Pemkot Depok demi menciptakan lingkungan yang mendukung kebutuhan para lansia, tentunya demi mewujudkan Depok sebagai kota ramah lansia.

“Kota ramah lansia sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), misalnya pembangunan kantor kelurahan dengan tangga yang ramah lansia, maksimal 15 sentimeter, sehingga mereka bisa naik tangga dengan mudah. Jembatan penyeberangan orang (JPO) baru juga sudah ramah lansia,” ucapnya.

Meski demikian, dirinya mengakui bahwa masih ada tantangan dalam mewujudkan kota ramah lansia, terutama dalam aspek fisik dan transportasi.

“Kami masih perlu mengevaluasi beberapa kegiatan yang bersifat fisik, misalnya, transportasi umum seperti layanan buy the service (BTS) yang belum sepenuhnya ramah lansia, karena teknologi yang digunakan bisa sulit untuk mereka, jadi ini adalah area yang perlu diperbaiki,” tuturnya.

Idris menyebut, hingga kini Pemkot Depok telah menyediakan fasilitas publik seperti taman dan tempat berkumpul yang ramah bagi lansia.

“Fasilitas publik seperti taman, tempat bermain, dan tempat untuk bercengkerama sudah kami sediakan,” ujarnya.

“Selain itu, kami telah membentuk Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Depok secara ex-officio,” lanjutnya.

Mohammad Idris sebut Pemkot Depok berkomitmen untuk mendukung program kesejahteraan lansia agar Depok jadi kota ramah lansia
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News