Imam Santoso Tegaskan Komitmen Jasa TIrta II Soal Pengelolaan Sumber Daya Air

Sabtu, 25 Mei 2024 – 13:15 WIB
Imam Santoso Tegaskan Komitmen Jasa TIrta II Soal Pengelolaan Sumber Daya Air - JPNN.com Jabar
Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso menegaskan komitmen pemerintah dalam menghadapi masalah kompleks kualitas air di DAS Citarum. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BALI - Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso menghadiri high level session mengenai Better Integration of Ecological Security in Basin Level Approaches: Citarum River Basin di Bali, Rabu (22/05).

Pada sesi ini, Imam Santoso menjelaskan komitmen pemerintah serta Jasa Tirta II, sebagai perusahaan pengelola Sumber Daya Air, dalam menghadapi masalah kompleks kualitas air di Daerah Aliran Sungai Citarum.

Imam pun menyoroti pentingnya penerapan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (Integrated Water Resources Management/IWRM) melalui program Citarum Harum.

"Program ini mencakup berbagai inisiatif seperti mengelola limbah domestik, industri, dan pertanian, restorasi sungai, penegakan hukum, dan berbagai kegiatan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas air dan ekosistem di DAS Citarum," ucap Imam dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Sabtu (25/5).

Imam Santoso menegaskan, program Citarum Harum dengan strategi Pentahelix, merupakan pendekatan holistik yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, akademisi, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat.

"Komitmen kuat dari semua pihak adalah kunci untuk mewujudkan pengelolaan kualitas air yang lebih baik di Daerah Aliran Sungai Citarum," ujar Imam.

Upaya ini tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki kualitas air, tetapi juga untuk memastikan keamanan ekologis yang berkelanjutan.

"Melalui koordinasi yang baik dan tindakan konkret, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan aman bagi semua makhluk hidup yang bergantung pada DAS Citarum," kata Imam. (mar5/jpnn)

Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso menegaskan komitmen pemerintah dalam menghadapi masalah kompleks kualitas air di DAS Citarum.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News