Pekan Depan, Rumdin Gubernur Jabar Gedung Pakuan Dibuka untuk Umum

Minggu, 28 April 2024 – 21:00 WIB
Pekan Depan, Rumdin Gubernur Jabar Gedung Pakuan Dibuka untuk Umum - JPNN.com Jabar
Rumah dinas Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gedung Pakuan di Kota Bandung akan dibuka untuk umum dan bisa didatangi masyarakat umum secara gratis. Rumah dinas Gubernur Jawa Barat yang terletak di Jalan Cicendo itu dibuka untuk umum mulai pekan depan.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin mengungkapkan alasan Gedung Pakuan dibuka untuk umum. Bey menyebut nantinya masyarakat bisa berkunjung dan berkeliling Gedung Pakuan setiap Sabtu dan Minggu.

"Masyarakat nantinya hanya diminta mengisi pendaftaran melalui Sapawarga dan itu setiap Sabtu dan Minggu. Jam 09.00-11.00 WIB dan 13.00-15.000 WIB. Kurang lebih seperti itu, seperti tur Gedung Sate," kata Bey, Minggu (28/4).

Menurut Bey, masyarakat yang akan berkeliling Gedung Pakuan nantinya akan didampingi oleh petugas pemandu. Ia menekankan, kunjungan ke Gedung Pakuan tidak dipungut biaya alias gratis.

Selain itu, ia juga mengungkap alasannya membuka Gedung Pakuan untuk umum. Menurutnya masyarakat harus mengetahui setiap sejarah yang ada di Jawa Barat, termasuk tempat yang jadi rumah dinas bagi para gubernur tersebut.

"Tujuannya supaya orang tahu, dan Gedung Pakuan menggunakan APBD pemeliharaannya, APBD dari rakyat. Kami ingin supaya masyarakat tahu. Itu juga gedung bersejarah," ungkapnya.

Bey sendiri diketahui jarang menempati Gedung Pakuan selama menjadi Pj Gubernur Jabar. Dia lebih banyak tinggal di kediaman orang tuanya.

Mengutip buku berjudul ‘Wisata Parijs van Java: sejarah, peradaban, seni, kulimer, dan belanja, Her Suganda (2011:19), sejarah Gedung Pakuan sangatlah panjang.

Gedung Pakuan di Kota Bandung akan dibuka untuk umum dan bisa didatangi masyarakat umum secara gratis. Begini caranya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News