Wapres Ma’ruf Amin Minta Indonesia Contoh Taiwan Dalam Penanggulangan Bencana

Rabu, 24 April 2024 – 19:59 WIB
Wapres Ma’ruf Amin Minta Indonesia Contoh Taiwan Dalam Penanggulangan Bencana - JPNN.com Jabar
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat memberikan arahan dalam kegiatan Rakornas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2024 di Kota Bandung, Rabu (24/4). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta Indonesia untuk mencontoh negara Taiwan dalam penanganan bencana.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat memberikan arahan dalam kegiatan Rakornas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2024 di Kota Bandung.

Ma’ruf mengatakan, dalam penanggulangan bencana berbagai tindakan preventif penyelamatan dan rehabilitatif harus dieksekusi dengan baik.

“Kolaborasi lintas sektor dan wilayah dalam penanggulangan bencana perlu dilaksanakan secara konsisten,” kata Ma’ruf dalam sambutannya, Rabu (24/4).

Selain itu, pengalaman negara-negara maju juga perlu menjadi contoh dan referensi agar penanganan bencana berbasis teknologi di Indonesia semakin pesat.

Ia pun mencontohkan negara Taiwan yang bisa meminimalisir korban jiwa dan kerusakan akibat guncangan gempa berkekuatan 7,4 SR, awal bulan ini.

“Pengalaman negara maju hendak jadi pembelajaran mulai dari rujukan bencana, mitigasi kesiapsiagaan, tanggap darurat hingga rehabilitasi dan rekonstruksi,” ujarnya.  

“Tentu kejadian gempa bumi 7,4 di Taiwan pada awal bulan dengan guncangan besar kerusakan dan korban jiwa tetap diminimalisasi dengan sistem penanganan dini dan pengetahuan sumber gempa yang baik,” lanjutnya.

Wapres Ma'ruf Amin menghadiri pembukaan Rakornas BNPB 2024 di Kota Bandug. Begini arahannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News