Erupsi Gunung Ruang Picu Peningkatan Aktivitas Dua Gunung Lain

Kamis, 18 April 2024 – 16:55 WIB
Erupsi Gunung Ruang Picu Peningkatan Aktivitas Dua Gunung Lain - JPNN.com Jabar
Erupsi Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut). Foto: dokumentasi Badan Geologi

jabar.jpnn.com, SULAWESI UTARA - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) mengungkapkan erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) memicu peningkatan aktivitas vulkanik dua gunung lainnya.

Dua gunung tersebut ialah Gunung Karangetang dan Gunung Awu.

Kepala Tim Pengamatan Gunung Api PVMBG Herunigtyas Desi Purnamasari mengatakan, ada peningkatan aktivitas kegempaan pada dua gunung yang berdekatan dengan Gunung Ruang.

“Gunung Karangetang dan juga Gunung Awu. Untuk Gunung Awu itu kami sedang pantau juga karena ada beberapa peningkatan aktivitas kegempaan sebelum terjadinya erupsi Gunung Ruang," kata Desi dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/4).

Desi menuturkan, Gunung Karangetang berjarak 50 kilometer sebelah utara dari Gunung Ruang. Begitu juga, Gunung Awu yang berada di sisi utara Gunung Utara dengan jarak 150 kiometer.

Menurutnya, semula tim PVMBG lebih fokus memantau aktivitas dari Gunung Awu sebelum Gunung Ruang erupsi pertama kali pada 16 April 2024. Namun, tanpa disangka justru Gunung Ruang lebih dulu erupsi.

"Jadi sebenarnya kami sedang memantau cukup intens Gunung Awu di Sulawesi Utara, ini jaraknya memang dekat dengan Gunung Ruang. Namun kami juga tidak menyangka akan terjadi erupsinya lebih dulu di Gunung Ruang," ujarnya.

"Karena Gunung Ruang ini skala kegempaannya cukup cepat dan juga dari dari peningkatan aktivitas sampai ke erupsi ini jaraknya sangat cepat, kurang lebih 2 hari," lanjutnya.

Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) memicu peningkatan aktivitas vulkanik dua gunung lainnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News