Dishub Bandung Gelar Ramp Check Bus di Terminal Cicaheum

Rabu, 03 April 2024 – 20:00 WIB
Dishub Bandung Gelar Ramp Check Bus di Terminal Cicaheum - JPNN.com Jabar
Penguji dari Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pengecekan kelayakan bus untuk perjalanan mudik 2024 di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Rabu (3/4). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Sebanyak 700 kendaraan bus bakal mengangkut ribuan pemudik dari Kota Bandung menuju sejumlah wilayah di Pulau Jawa dan sekitarnya. 

Dalam rangka persiapan menuju mudik Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menggelar ramp check atau pengecekan kelaikan kendaraan bus. 

Bus-bus AKAP dan AKDP itu harus sudah memenuhi standar kelaikan operasional, termasuk kelengkapan surat kendaraan. 

"Tercatat ada 700 bus yang akan melakukan operasi membawa pemuda keluar maupun masuk Kota Bandung. Tujuan utama itu wilayah timur," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono ditemui seusai ramp check di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Rabu (3/4). 

Kata Bambang, pemeriksaan bus mudik akan dilaksanakan hingga tanggal 14 April 2024. Adapun prediksi puncak arus mudik di Terminal Cicaheum terjadi pada akhir pekan ini atau H-4 dan 3 Lebaran. 

"Jadi kelaikan angkutan bus dan juga kelaikan operasional, surat-suratnya itu kami lakukan uji. Ini masif di semua terminal, termasuk Cicaheum dan Leuwipanjang," jelasnya. 

Menurut dia, sampai hari ini belum ada laporan mengenai kendaraan bus yang tidak lain jalan. 

Apabila nanti ditemukan ada kendaraan yang tidak layak, maka bus akan langsung dilarang beroperasi. 

Sebanyak 700 bus jalani ramp check persiapan arus mudik Lebaran di Terminal Cicaheum, Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News