Pemkot Sukabumi Menggelar Pasar Murah Demi Menekan Harga Pangan Menjelang Lebaran

Senin, 25 Maret 2024 – 07:00 WIB
Pemkot Sukabumi Menggelar Pasar Murah Demi Menekan Harga Pangan Menjelang Lebaran - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pasar murah ramadan atau bazar pangan murah. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi menyebutkan operasi pasar murah merupakan solusi untuk menekan kenaikan harga pangan menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H atau Lebaran 2024.

"Kami memastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi khususnya menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H. Namun demikian, kami pun mengantisipasi kenaikan harga dengan cara menggelar pangan murah," kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Kota Sukabumi, Yani Fitriani.

Menurut Yani, operasi pasar murah ini menurut rencana dilakukan pada akhir Maret atau awal bulan April 2024 yang digelar secara bergiliran di setiap kecamatan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari operasi pasar murah yang telah dilaksanakan sebanyak dua kali pada Januari dan Februari 2024

Selain itu DKP3 Kota Sukabumi juga berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dengan menggelar operasi pasar di empat lokasi yakni Pasar Pelita, Gudang, Pasundan dan Cisaat.

Kegiatan operasi pasar ini tentunya berdampak positif terhadap persediaan dan harga, seperti harga pangan terkendali khususnya harga beras yang awalnya melambung perlahan bisa kembali normal atau awalnya Rp17 ribu/kg turun menjadi Rp15 ribu/kg untuk beras jenis premium.

"Untuk persediaan beras, kami telah berkoordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog), distributor maupun daerah-daerah penghasil beras, agar pasokan ke pasar di Kota Sukabumi mencukupi atau bisa memenuhi permintaan masyarakat," tambahnya.

Adapun komoditas yang disiapkan pada operasi pasar murah ini yakni beras, minyak goreng, telur, tepung terigu dan lain sebagainya.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi menggelar pasar murah demi menekan harga pangan menjelang lebaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News