Lewat Program POPM, 358.422 Anak di Kota Depok Jadi Sasaran Pemberian Obat Cacing

Kamis, 29 Februari 2024 – 20:30 WIB
Lewat Program POPM, 358.422 Anak di Kota Depok Jadi Sasaran Pemberian Obat Cacing - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pemberian obat cacing. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, DEPOK - Sebanyak 358.422 anak usia 1 hingga 12 tahun akan menjadi sasaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok untuk memaksimalkan pemberian Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) cacingan tahun 2024.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan pelaksanaan POPM cacingan tersebut dilaksanakan dua kali dalam satu tahun dengan interval enam bulan.

Adapun pelaksanaannya dilakukan melalui setiap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas di kelurahan dengan mendistribusikan obat cacing ke sekolah dan posyandu selama Febuari hingga April. 

"Tenaga kesehatan di puskesmas akan mendatangi sekolah dan posyandu untuk memberikan obat cacing kepada anak usia 1 sampai 12 tahun," ucap Mary, Kamis (29/2).

Dirinya menyebut pelaksanaan POPM Cacingan ini merupakan intervensi spesifik dalam penanggulangan cacingan dan stunting di seluruh kabupaten dan kota.

Dia menjelaskan cacingan ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing dalam tubuh manusia.

“Cacingan termasuk salah satu yang mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu gangguan pertumbuhan dan gangguan perkembangan kognitif,” tuturnya.

Pihaknya menekankan agar pemberian obat cacingan dapat optimal, dengan memastikan agar seluruhnya dikonsumsi anak-anak sebagai pencegahan infeksi cacing. 

Sebanyak 358.422 anak usia 1 hingga 12 tahun akan menjadi sasaran Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) cacingan tahun 2024 oleh Dinkes Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News