Rp1,8 Miliar Disiapkan Pemkot Depok Untuk Subsidi Bunga KUR Bagi Pelaku UMKM

Minggu, 11 Februari 2024 – 11:00 WIB
Rp1,8 Miliar Disiapkan Pemkot Depok Untuk Subsidi Bunga KUR Bagi Pelaku UMKM - JPNN.com Jabar
Uang rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyiapkan dana Rp1,8 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk membantu membayar subsidi bunga gratis bagi UMKM jika mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Tahun ini ada dana Rp1,8 miliar untuk subsidi bunga gratis APBD yang bayar kalau Wirausaha Baru (WUB) yang mau Kredit Usaha Rakyat (KUR)," kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Idris mengatakan bantuan subsidi bunga gratis ini khususnya bagi Wirausaha Baru (WUB) Kota Depok yang telah lulus mengikuti program tersebut sejak 2022.

Mohammad Idris mengatakan langkah ini merupakan komitmen Pemkot Depok dalam mendukung UMKM semakin tangguh dan berkembang.

Idris menjelaskan setelah mengikuti berbagai pelatihan, pendampingan usaha, akses perizinan usaha, dan pemasaran, kini sudah sampai di tahap terakhir, yaitu akses permodalan dengan bantuan subsidi bunga KUR tersebut.

Namun, saat ini Pemkot Depok masih melakukan negosiasi ke bank yang dapat memberikan bunga rendah untuk merealisasikan upaya ini.

"Kita akan negosiasi ke bank yang mau memberikan bunga rendah, akan kita lelang bagi yang berikan bunga rendah akan kerja sama, bunganya kami yang tanggung dari APBD,” kata Idris.

Selain itu juga, Pemkot Depok akan terus melakukan pembinaan dalam pembuatan kemasan (packaging) hingga pemasaran produk.

Pemkot Depok menyiapkan dana Rp1,8 miliar dari APBD untuk membantu membayar subsidi bunga gratis bagi UMKM jika mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News