Samsat Digital Dipuji Presiden Jokowi, Daerah Lain Tertarik Mereplikasi

Jumat, 09 Februari 2024 – 12:21 WIB
Samsat Digital Dipuji Presiden Jokowi, Daerah Lain Tertarik Mereplikasi - JPNN.com Jabar
Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik saat mendampingi Presiden Joko Widodo melihat Samsat Digital di Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Inovasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam menghadirkan Samsat Digital mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo. 

Presiden berkesempatan melihat Samsat Digital saat meresmikan Terminal Leuwi Panjang di Kota Bandung, pekan lalu. 

Sejumlah pemerintah daerah diketahui tertarik mereplikasi konsep Samsat Digital ini. 

Diketahui, Samsat Digital merupakan bagian dari upaya Pemprov Jabar dalam melakukan transformasi digital. 

Layanan ini pun sebagai pelengkap dari aplikasi pembayaran pajak kendaraan bernama Sambara. Tujuannya, meningkatkan pendapatan sekaligus memberikan kemudahan bagi para wajib pajak. 

Di Samsat ini, pemilik kendaraan secara langsung melakukan registrasi sekaligus membayar pajak kendaraan bermotor mereka hanya dengan menempelkan KTP di mesin-mesin yang disediakan.

Selain itu, terdapat fasilitas drive-thru yang memudahkan dalam proses pelayanan termasuk pemeriksaan fisik kendaraan secara efisien.

Presiden Joko Widodo menyempatkan diri meninjau layanan tersebut saat meresmikan revitalisasi Terminal Leuwi Panjang akhir pekan lalu.

Inovasi Pemprov Jabar dalam menghadirkan Samsat Digital mendapatkan apresiasi dari Presiden Jokowi dan dilirik oleh Pemda lain untuk direplikasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News