Pemkot Bogor Benahi Ruas Jalan Nasional yang Sering Banjir

Kamis, 08 Februari 2024 – 18:00 WIB
Pemkot Bogor Benahi Ruas Jalan Nasional yang Sering Banjir - JPNN.com Jabar
Ilustrasi banjir. Foto: dok. JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menginventarisir ruas jalan nasional di daerahnya yang sering mengalami banjir untuk segera diperbaiki oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mendesak Pemerintah Pusat melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 5.2 dan PPK 5.1 untuk menuntaskan penanganan banjir pada tahun ini.

Rena menyebut penanganan banjir di titik pertama ialah di wilayah Kaum Sari, Kelurahan Cibuluh, Kota Bogor. Pada titik ini akan dibuat sodetan antara Sungai Ciparigi dan Sungai Cibuluh.

Namun, kata dia, akan dipastikan dulu sodetan ini tidak memindahkan masalah baru ke Sungai Cibuluh.

“Memang secara debit air, debit Ciparigi lebih besar dari debit air Cibuluh, tetapi penampung di Cibuluh lebih kecil,” kata Rena.

Rena mengatakan titik kedua, yakni banjir di Jalan Sholeh Iskandar, Kelurahan Kedung Badak, tepatnya di dekat Mitra 10. Di titik ini, banjir terjadi di perlintasan Perumahan Cimanggu Permai.

Menurut Rena, sepertiga perlintasan ini sudah rusak sehingga ketika ada air dari Perumahan Cimanggu Permai yang masuk ke gorong-gorong, airnya malah kembali lagi.

“Kami tadi minta sama PPK 5.1 untuk dibuat crossingan (perlintasan) baru yang bisa menampung air, kan tidak bisa tiba-tiba di bawah itu kami belokkan, pasti nyangkut sampah,” katanya.

Pemkot Bogor menginventarisir ruas jalan nasional di daerahnya yang sering mengalami banjir untuk segera diperbaiki oleh pemerintah pusat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News