Pj Gubernur Berharap Kehadiran Dua Rute KA Baru, Dongkrak Pariwisata Jabar Selatan

Rabu, 24 Januari 2024 – 14:30 WIB
Pj Gubernur Berharap Kehadiran Dua Rute KA Baru, Dongkrak Pariwisata Jabar Selatan - JPNN.com Jabar
Penumpang sedang menaiki kereta api (KA) Papandayan relasi Gambir - Garut, Rabu (24/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, GARUT - PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi membuka dua jalur baru perjalanan kereta api (KA) dengan rute Gambir - Banjar (KA Pangandaran) dan Gambir - Garut (KA Papandayan). 

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin berharap, pengoperasian dua kereta baru ini bisa memperkuat konektivitas dan membangkitkan perekonomian masyarakat di wilayah Garut dan Banjar. 

"Dioperasikannya KA Papandayan dan Pangandaran, tentunya akan memperkuat konektivitas antarkota dan antardaerah di Jawa Barat, serta membuka lebih banyak lagi pintu keluar untuk pertumbuhan ekonomi," kata Bey dalam peresmian pengoperasian KA Papandayan dan Pangandaran di Stasiun Garut, Rabu (24/1). 

Kata Bey, Kabupaten Garut merupakan daerah yang kental dengan sektor pariwisata. 

Ia pun meminta agar Pj Bupati Garut turut memanfaatkan kesempatan ini untuk memajukan perekonomian di daerah, khususnya di sektor pariwisata. 

"Kabupaten Garut ini sangat terkenal dengan pariwisatanya dan juga kulinernya, ada dodol dan burayot. Ini semuanya berasal dari Garut," tuturnya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, peluncuran KA Papandayan dalam rangka memberikan pilihan perjalanan KA kepada pelanggan kereta api, khususnya dari Stasiun Garut ke Gambir. 

"Untuk Stasiun Garut ke Gambir selama ini hanya dilayani oleh KA Cikuray relasi Garut-Cibatu-Kiaracondong-Pasarsenen," ujar Didiek. 

Pengoperasian dua jalur KA Banjar dan Garut, diharapkan bisa mendongkrak pariwisata di Jabar Selatan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News