8 Rumah dan 3 Petak Sawah Warga Terdampak Bencana Pergerakan Tanah di Kampung Cikontrang Sukabumi

Minggu, 21 Januari 2024 – 08:30 WIB
8 Rumah dan 3 Petak Sawah Warga Terdampak Bencana Pergerakan Tanah di Kampung Cikontrang Sukabumi - JPNN.com Jabar
Salah seorang warga saat memperlihatkan tembok rumahnya yang retak akibat bencana pergerakan tanah di Kampung Cikontrang, Kabupaten Sukabumi. Foto: Antara

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Bencana pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Cikontrang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (20/1), mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak, bahkan ada warga sampai mengungsi akibat rumahnya ambles dan mengalami kerusakan cukup parah.

"Dari hasil pendataan yang dilakukan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Purabaya, bencana pergerakan tanah ini di RT 005/006, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya ini merusak delapan rumah," kata Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria.

Adapun jumlah warga yang terdampak terdiri atas delapan kepala keluarga atau 20 jiwa.

Dari jumlah tersebut, satu kepala keluarga memilih untuk mengungsi ke rumah saudaranya karena rumahnya sudah tidak layak huni dan terancam ambruk.

Informasi yang dihimpun dari P2BK Purabaya, bencana pergerakan tanah ini sudah mulai terjadi pada pukul 15.30 WIB hingga pukul 20.16 WIB pada Kamis (18/1), setelah terjadi retakan tanah sepanjang 60 meter dan lebar retakan 3-5 cm dengan kedalaman 30 sampai 50 cm.

Awal bencana tersebut tidak menimbulkan kerusakan pada bangunan hanya enam rumah saja yang terancam.

Namun, karena tingginya intensitas hujan deras pada Sabtu pagi sekitar pukul 03.30 WIB, enam rumah yang awalnya terancam menjadi terdampak di tambah dua rumah lainnya yang juga mengalami kerusakan.

Mayoritas rumah yang terdampak tersebut mengalami kerusakan pada dinding dan teras seperti retak-retak, bahkan ada juga yang ambles karena fondasi rumah ikut tergerus oleh pergerakan tanah.

Bencana pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Cikontrang, Kabupaten Sukabumi mengakibatkan sejumlah rumah dan sawah warga terdampak.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News