Pemkab Bekasi Lanjutkan Proyek Pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang

Kamis, 18 Januari 2024 – 13:45 WIB
Pemkab Bekasi Lanjutkan Proyek Pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang - JPNN.com Jabar
Ujung hasil pelebaran jalan Ruas Inspeksi Kalimalang sesi Tegal Danas, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang dituntaskan akhir tahun 2023 dan akan dilanjutkan dengan pelebaran serupa pada tahun ini. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melanjutkan pelebaran infrastruktur fisik Jalan Inspeksi Kalimalang guna percepatan operasional dua arah di sepanjang ruas jalan tersebut.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan perbaikan jalan pada ruas ini dipusatkan di titik Desa Pasirtanjung Kecamatan Cikarang Pusat menuju perbatasan dengan Kabupaten Karawang.

"Sesi Pasar Tegal Danas sudah tuntas akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 ini dilanjutkan di ruas jalan terusannya. Tinggal tersisa panjang kurang lebih 200 meter lagi untuk menuju perbatasan Karawang," kata Dani Ramdan.

Dia mengatakan pekerjaan pelebaran jalan di titik akhir menuju perbatasan dengan Kabupaten Karawang itu memiliki tingkat kesulitan tersendiri mengingat medan untuk penyambungan jalan yang relatif curam.

Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) terlebih dahulu kemudian cut and fill menggunakan material baik tanah maupun bebatuan hingga tercipta elevasi yang diinginkan sebelum memulai pekerjaan pelebaran jalan di ruas tersebut.

"Sebelum pekerjaan pelebaran jalan dilakukan, kami samakan tinggi pada sesi sambungan jalan terlebih dahulu. Kalau untuk budgeting (pembiayaan), semua telah dianggarkan di tahun ini," katanya.

Dani berharap pekerjaan pelebaran di Jalan Kalimalang menjadi dua jalur ini mampu mendukung kelancaran arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Bekasi, terlebih ruas tersebut kerap terjadi kemacetan akibat penumpukan kendaraan.

"Termasuk jalan di sebelahnya (jalan lama) itu akan ditinggikan (agar tidak tergenang saat hujan) sesuai jalan yang terbaru biometriknya," ucap dia.

Pemkab Bekasi melanjutkan pelebaran infrastruktur fisik Jalan Inspeksi Kalimalang guna percepatan operasional dua arah di sepanjang ruas jalan tersebut.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News