Asmawa Tosepu Upayakan Realisasi Pembangunan Tol Khusus Truk Tambang di Bogor

Selasa, 09 Januari 2024 – 07:00 WIB
Asmawa Tosepu Upayakan Realisasi Pembangunan Tol Khusus Truk Tambang di Bogor - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu saat meninjau proses pembangunan kantong parkir khusus truk tambang, di Parungpanjang, Kabupaten Bogor. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Penjabat Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengaku sedang mengupayakan realisasi pembangunan jalan tol angkutan khusus tambang sepanjang 11,5 kilometer yang menghubungkan Rumpin-Parungpanjang, Kabupaten Bogor.

"Sudah kami komunikasikan juga koordinasikan baik dengan banyak pihak, termasuk pihak ketiga yang bersedia menjadi investor. Karena butuh proses untuk membangun jalan tol tambang ini," kata Asmawa saat meninjau pembangunan kantong parkir truk tambang di Tenjo, Bogor, Senin (8/1)

Pembangunan jalan ini sempat terkendala perizinan, sehingga membuat rencana peletakan batu pertama pembangunan tol yang diagendakan berlangsung pada 27 Desember 2022 oleh Gubernur Jawa Barat terpaksa ditunda hingga sekarang.

Pembangunan jalan tol yang akan terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III itu skema pengerjaannya dikerjasamakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan pihak swasta.

Sehingga, kata dia, peran Pemerintah Kabupaten Bogor hanya bersifat membantu dalam sinkronisasi perencanaan antara jalan berstatus kabupaten dan jalan berstatus provinsi serta memfasilitasi kelengkapan data pengurusan izin pembangunan.

Jalan tol angkutan khusus tambang ini didesain dengan memiliki banyak pintu masuk yang lokasinya dekat tempat pertambangan. Titik awalnya yaitu dari Kecamatan Cigudeg.

Sedikitnya ada lima pintu masuk tol di dekat lokasi-lokasi tambang, sehingga mengurangi potensi truk-truk pengangkut tambang itu melintas di jalan umum.

Setiap pintu masuk tol akan digunakan untuk transporter beberapa perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bogor.

Penjabat Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengaku sedang mengupayakan realisasi pembangunan jalan tol angkutan khusus tambang di Kabupaten Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News