Jadi Pembicara Seminar Nasional Water Project 2023, Direktur OP Jasa Tirta II Bahas Smart Watershed Management

Senin, 25 Desember 2023 – 17:30 WIB
Jadi Pembicara Seminar Nasional Water Project 2023, Direktur OP Jasa Tirta II Bahas Smart Watershed Management - JPNN.com Jabar
Direktur Operasi dan Pemeliharaan Jasa Tirta II, Anton Mardiyono, saat menjadi pembicara di Seminar Nasional Water Project 2023. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Himpunan Sumber Daya Air (HimaSDA) Prodi TPSDA FTSL-ITB bekerja sama dengan World Water Forum ke-10 mengadakan Seminar Nasional Water Project 2023 yang mengusung tema Smart Watershed Management.

Dalam seminar nasional ini, Direktur Operasi dan Pemeliharaan Jasa Tirta II, Anton Mardiyono hadir menjadi pembicara membahas smart watershed management yang dilakukan oleh Jasa Tirta II di DAS Citarum seperti Smart Operation, Smart Infrastructure, Smart Stakeholders Collaboration dan Smart Financing.

Anton Mardiyono menjelaskan kunci sukses penerapan smart water management yang dilakukan oleh Jasa Tirta II.

Beberapa di antaranya adalah smart operation, smart infrastructure, smart stakeholder collaboration, dan smart financing.

"Jasa Tirta II menggunakan Geodetic Monitoring Systems (Geomos) yang merupakan teknologi terkini dalam surface monitoring. Sistem tersebut dapat meningkatkan kecepatan, ketepatan, kehandalan dan keefektifan dengan sedikit sekali unsur kesalahan manusia (human error) dalam kegiatan pengukuran dan pemantauan bendungan,” ucapnya.

Smart watershed management juga dapat memfasilitasi kolaborasi yang lebih efektif, antara pihak-pihak terkait dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pemantauan dan pengelolaan sumber daya air mereka.

Seminar ini juga merupakan rangkaian acara World Water Forum ke-10, untuk membahas permasalahan keairan menjadi sebuah permasalahan yang urgensi di Indonesia, sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli terhadap masalah keairan.

Dengan adanya kepedulian masyarakat, diharapkan kerjasama lintas sektor dalam mengelola daerah aliran sungai dapat terjalin.

Direktur OP Jasa Tirta II, Anton Mardiyono membahas Smart Watershed Management saat menjadi pembicara dalam acara seminar nasional water project 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News