Tak Berlakukan Ganjil Genap, Begini Cara Antisipasi Kecamatan di Bogor Selama Nataru

Senin, 25 Desember 2023 – 16:15 WIB
Tak Berlakukan Ganjil Genap, Begini Cara Antisipasi Kecamatan di Bogor Selama Nataru - JPNN.com Jabar
Potret arus lalu lintas di Exit Tol Baranangsiang, Kota Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria mengatakan tidak ada pemberlakukan ganjil genap di Kota Bogor selama Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kendati demikian, untuk mengurai kemacetan pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

“Untuk pengamanan natal dan tahun baru ini, kami tidak melaksanakan sistem ganjil genap, tetapi kami sifatnya adalah memperlancar kendaraan yang masuk dan keluar Kota Bogor,” ucapnya.

Dia mengaku telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas, dan telah menetapkan tiga indikator bendera di masing-masing exit tol.

Ada indikator benderah hijau, kuning, sampai merah.

“Apabila kendaraan yang masuk ke Kota Bogor merah, maka (kendaraan) kami akan bagi rata dengan 3 exit tol lainnya yang ada di sekitaran Kota Bogor,” tuturnya.

Untuk potensi kepadatan lalu lintas, dirinya mengungkapkan bahwa biasanya hal itu terjadi menjelang pergantian tahun.

“Kalau dilihat dari analisis dua tahun lalu, biasanya kepadatan itu menjelang tahun baru, tanggal 30, 31, dan 1 Januari,  terutama pada tempat wisata, khususnya yang berada di titik pusat Kota Bogor seperti Kebun Raya. Itu akan kami antisipasi masyarakat yang masuk maupun yang keluar selesai melakukan wisata,” ujarnya.

Polresta Bogor Kota tidak akan memberlakukan sistem ganjil-genap di Kota Bogor pada periode Libur Natal dan Tahun Baru kali ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News