Panti Rehab di Cilacap Dititipkan Puluhan ODGJ Asal Bandung

Senin, 04 Desember 2023 – 10:15 WIB
Panti Rehab di Cilacap Dititipkan Puluhan ODGJ Asal Bandung - JPNN.com Jabar
Rekaman video yang memperlihatkan puluhan ODGJ di panti rehab di wilayah Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Beredar video viral berdurasi 5 menit 17 detik yang memperlihatkan seorang pria berusia sekitar 50 tahun tengah mengeluhkan kondisi di panti rehabilitasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Cilacap, Jawa Tengah.

Pria dalam video itu mengeluhkan karena tidak adanya bantuan dana dari Dinas Sosial (Dinsos) Bandung yang sudah menitipkan 40 ODGJ ke panti tersebut.

Rekaman video tersebut menyebar pertama kali melalui grup WhatsApp wartawan pada Minggu (3/12) malam.

Merespons video tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat langsung mengirimkan bantuan pangan dan sejumlah dana kepada panti rehab tersebut.

Kepala Dinsos Jabar Ida Wahida mengatakan, bantuan tersebut disampaikan dinsos, satu hari setelah video keluhan pimpinan panti ODGJ mengunggah videonya.

“Petugas Dinas Sosial langsung ke Cilacap untuk memberikan bantuan pangan dan bantuan tunai,” kata Ida dalam keterangannya, Senin (4/12).

Menurut Ida, beberapa ODGJ di sana merupakan titipan dari Dinsos Kabupaten Bandung. Hal itu didapat berdasarkan keterangan melalui pesan WhatsApp pimpinan panti, Jasono.

“Kami langsung berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten Bandung. Berdasarkan keterangan dari Kadinsos Kabupaten Bandung, sebenarnya Dinsos Kabupaten Bandung sudah lama bekerja sama dengan panti tersebut dan mengakui yang dititipkan ke sana sebanyak 40 orang, kebanyakan tidak diketahui keberadaan keluarganya atau istilahnya Mr. X,” terangnya.

Panti rehab di Cilacap mengaku dititipkan puluhan ODGJ oleh Dinsos Kabupaten Bandung, namun tidak pernah menerima bantuan. Begini respon Pemprov Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News