Diterpa Cuaca Ekstrem dan Angin Kencang, 497 Bangunan di Kabupaten Bogor Porak-Poranda

Kamis, 02 November 2023 – 07:00 WIB
Diterpa Cuaca Ekstrem dan Angin Kencang, 497 Bangunan di Kabupaten Bogor Porak-Poranda - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, mencatat sebanyak 497 bangunan mengalami kerusakan dalam sehari akibat diterjang bencana alam tanah longsor dan angin kencang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor, Ade Hasrat mengungkapkan kerusakan sejumlah bangunan selama kondisi cuaca hujan deras itu terjadi di lima kecamatan pada Selasa (31/10) sore hingga malam hari.

Lima kecamatan tersebut yaitu Ciomas, Dramaga, Leuwisadeng, Sukaraja dan Kemang. Kecamatan paling parah terdampak, yaitu Ciomas yang dilanda bencana angin kencang di sembilan desa/kelurahan.

"Adapun bangunan yang terdampak, 465 rumah, satu masjid, satu SD, satu TK dan dua mushala," kata Ade Hasrat.

Selain berdampak pada ratusan rumah dan fasilitas umum, bencana alam angin kencang di Kecamatan Ciomas ini juga mengakibatkan dua orang mengalami luka ringan.

Ade Hasrat mengungkapkan bencana alam angin kencang juga terjadi di Kecamatan Dramaga yang berdampak pada 15 rumah warga mengalami kerusakan.

"Untuk di Kecamatan Sukaraja tidak ada rumah yang rusak akibat angin kencang, namun ada sembilan rumah yang terdampak longsor," paparnya.

Kemudian, di dua kecamatan lainnya, yaitu Leuwisadeng terdapat satu rumah terdampak angin kencang serta di Kemang sebanyak tujuh rumah rusak juga akibat angin kencang.

BPBD Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 497 bangunan mengalami kerusakan dalam sehari akibat diterjang bencana alam tanah longsor dan angin kencang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News