Dinkes Depok Fokus Lakukan Pencegahan Penyebaran Cacar Monyet

Senin, 30 Oktober 2023 – 15:30 WIB
Dinkes Depok Fokus Lakukan Pencegahan Penyebaran Cacar Monyet - JPNN.com Jabar
Ilutsrasi cacar monyet atau monkey pox. Foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mendapatkan satu laporan kasus yang dicurigai Monkeypox atau Cacar Monyet.

Sekretaris Dinkes Depok, Yuliandi mengatakan saat ini kasus terlaporkan tersebut sudah dikeluarkan dari kategori kasus aktif Monkeypox. 

“Tahun 2023 kami dapat laporan dicurigai Monkeypox, tetapi exclude, sehingga sudah dapat dikeluarkan dari suspek atau kasus aktif penyakit cacar monyet,” ucapnya, Senin (30/10).

Dia menyebut berdasarkan laporan yang ada maka dapat dipastikan di Kota Depok belum terdapat kasus Monkeypox.

Namun demikian, Dinkes Kota Depok meminta Rumah Sakit, Puskesmas dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) untuk melakukan serangkaian upaya kewaspadaan.

Upaya yang dilakukan antara lain, melakukan pemantauan perkembangan situasi dan informasi Monkeypox.

Kemudian, meningkatkan kewaspadaan dini dengan melakukan penemuan kasus dengan gejala ruam akut yang memiliki faktor risiko sesuai definisi operasional kasus cacar monyet.

Pihaknya meminta kepada pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kewaspadaan dan proaktif untuk menemukan kasus khususnya di layanan perawatan, dukungan dan pengobatan (PDP) HIV/AIDS.

Dinkes Depok dapatkan satu laporan yang curigai monkeypox atau cacar monyet. Begini langkah antisipasinya agar kasus itu tidak menyebar di Kota Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News