6.231 Balita di Kabupaten Bogor Alami Stunting

Rabu, 11 Oktober 2023 – 07:30 WIB
6.231 Balita di Kabupaten Bogor Alami Stunting - JPNN.com Jabar
Petugas kesehatan saat memberikan bantuan sayuran dan telur untuk menekan stunting. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mencatat angka stunting di daerahnya tersisa 6.231 balita atau sekitar 1,59 persen dari total keseluruhan balita yang ada di Bumi Tegar Beriman.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, dr Agus Fauzi dalam rapat penanganan stunting menyebutkan bahwa pihaknya berhasil menurunkan angka stunting cukup signifikan dalam setahun terakhir.

Jumlah stunting Kabupaten Bogor pada akhir 2022 terbilang tinggi, mencapai 18.666 balita atau sekitar 4,78 persen.

"Dengan berbagai program dan pihak yang terlibat, saat ini stunting sudah di angka 1,59 persen," kata dr Agus.

Ia mengungkapkan bahwa Kabupaten Bogor telah ditunjuk sebagai salah satu dari 160 daerah lokus intervensi stunting oleh pemerintah pusat.

"Untuk sampai zero stunting memang berat. Tetapi setidaknya kami bisa mencegah adanya kasus stunting baru," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah desa dan kecamatan memiliki peranan penting dalam upaya menekan angka stunting, melalui kegiatan partisipasi masyarakat.

"Koordinasikan layanan konvergensi pencegahan stunting di desa dan monitoring laporan konvergensi stunting di desa pada sasaran rumah tangga pada 1.000 hari pertama kehidupan," ungkap dr Agus.

Pemkab Bogor mencatat angka stunting di daerahnya tersisa 6.231 balita atau sekitar 1,59 persen dari total keseluruhan balita yang ada di Bumi Tegar Beriman.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News