Jadi Pembicara dalam Kuliah Kebangsaan FISIP UI, Ganjar Pranowo: Pemimpin Bukan Malaikat

Senin, 18 September 2023 – 12:00 WIB
Jadi Pembicara dalam Kuliah Kebangsaan FISIP UI, Ganjar Pranowo: Pemimpin Bukan Malaikat - JPNN.com Jabar
Bacapres Ganjar Pranowo saat memberikan pemaparan dalam kuliah kebangsaan FISIP UI. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menjadi pembicara dalam kuliah kebangsaan yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), di Gedung Balai Serbaguna Purnomo Prawiro, pada Senin (18/9).

Kuliah kebangsaan tersebut mengangkat tema "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan".

Ganjar menyebut bahwa dirinya meminta maaf karena pernah dituduh akan datang pada tanggal tertentu dan tuduhan itu keliru ternyata.

“Karena saya baru bisa datang hari ini, saya minta maaf dan saya senang bisa bertemu dengan keluarga saya karena saya pernah menimba ilmu di sini, terima kasih,” ucapnya, Senin (18/9).

Dalam paparannya, Ganjar menyebut bahwa seorang pemimpin harus memberikan optimisme.

“Pemimpin harus memberikan optimisme, data dan fakta boleh disajikan. Dan pemimpin bukan malaikat yang bisa menyelesaikan dengan seluruh kesempurnaan. Tidak ada itu,” ujarnya.

Dirinya menyebut bahwa saat ini Indonesia tidak terlalu buruk track recordnya sudah jelas.

“Bahwa ada problem tadi, korupsi iya. Ada problem layanan publik yang buruk, nanti saya diskusikan dan saya akan mendengar dan berbagi cerita, karena di dalam tema itu dituliskan kepada saya bahwa apa mimpi ke depan dan pengalaman yang bisa dibagi, saya akan ceritakan,” terangnya.

Dalam kuliah kebangsaan FISIP UI, Ganjar Pranowo menyebut bahwa pemimpin bukanlah malaikat dan masih banyak yang harus ditingkatkan di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News