Kebakaran TPA Sarimukti, BNPB: Api di Permukaan 90 Persen Padam

Senin, 28 Agustus 2023 – 16:15 WIB
Kebakaran TPA Sarimukti, BNPB: Api di Permukaan 90 Persen Padam - JPNN.com Jabar
Kebakaran di TPA Sarimukti, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Bandung Barat. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan operasi water bombing atau upaya memadamkan api dari udara di area TPA Sarimukti mulai membuahkan hasil.

Asap dari kebakaran mulai berkurang dan jarak pandang penglihatan membaik.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, operasi water bombing untuk memadamkan api akan berlanjut hingga hari ini yang dimulai sejak Jumat (25/8).

Ia menambahkan, titik api di permukaan mencapai 90 persen yang sudah padam. Namun, api di dalam tumpukan sampah masih tersisa 40 persen lagi yang membuat kepulan asap masih muncul ke permukaan.

“Titik api di permukaan sekitar 90 persen sudah berhasil dipadamkan. Namun, titik api di dalam tumpukan sampah masih 40 persen yang menyebabkan masih muncuk kepulan asap ke permukaan,” katanya dalam keterangan, Senin (28/8).

Muhari menjelaskan, sejak Jumat, helikopter BNPB terus berupaya memadamkan api dari udara. Sebanyak 120 ribu liter atau sekitar 120 ton air berhasil ditumpahkan ke area TPA Sarimukti.

Sedangkan, pada Sabtu, helikopter BNPB mengudara selama sembilan jam 38 menit dan berhasil melepas 110 kali water bombing atau setara dengan 440 ribu liter air.

Pada Minggu, sebanyak 332 ribu liter air disiramkan dari udara ke lahan yang masih terbakar.

BNPB memberikan informasi terkini ihwal upaya pemadaman api di TPA Sarimukti menggunakan water bombing.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News