221 Desa di Kabupaten Sukabumi Rawan Kekeringan

Rabu, 09 Agustus 2023 – 13:00 WIB
221 Desa di Kabupaten Sukabumi Rawan Kekeringan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi areal persawahan kekeringan. Foto: Istimewa/Antara

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat ada 221 desa yang tersebar di 28 kecamatan masuk dalam wilayah rawan kekeringan dan kesulitan air bersih.

"Pemetaan yang kami lakukan ini sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisasikan dampak dari El Nino atau kemarau berkepanjangan. Dari 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi 28 kecamatan tersebut berpotensi terjadi bencana kekeringan dan kesulitan air bersih," kata Manajer Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna.

Menurut Daeng, dari 221 desa yang masuk dalam kawasan rawan kekeringan dan kesulitan air bersih beberapa di antaranya warganya sudah mulai kesulitan mendapatkan air bersih dan lahan pertanian mengalami kekeringan.

Seperti warga Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan saat sudah mulai kesulitan mendapatkan pasokan air bersih, kemudian lahan pertanian di Desa/Kecamatan Jampangtengah seluas 12 hektare terancam kekeringan dan gagal panen karena debit air Sungai Cidahu yang biasa digunakan untuk mengairi terus menyusut.

Antisipasi semakin meluasnya daerah yang mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih, pihaknya berkoordinasi dengan instansi lain seperti Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dan lainnya untuk mencarikan solusi yang tepat.

Selain itu, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menyalurkan air bersih ke sejumlah lokasi yang sudah mengalami krisis air bersih.

Kemudian memberikan edukasi kepada masyarakat untuk melakukan penghematan air ataupun mendaur ulang air bekas rumah tangga.

"Kami masih terus melakukan pendataan terhadap daerah-daerah yang sudah dan mulai terdampak kemarau pengaruh dari El Nino," tambahnya.

BPBD Kabupaten Sukabumi mencatat ada 221 desa yang tersebar di 28 kecamatan masuk dalam wilayah rawan kekeringan dan kesulitan air bersih.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News