Fly Over Pasupati Bandung Segera Berganti Nama Menjadi Mochtar Kusumaatmadja

Kamis, 24 Februari 2022 – 14:00 WIB
Fly Over Pasupati Bandung Segera Berganti Nama Menjadi Mochtar Kusumaatmadja - JPNN.com Jabar
Fly over Pasupati yang jadi ikon Kota Bandung, akan berganti nama menjadi Jalan Mochtar Kusumaatmadja. (Foto: Tim Humas Pemprov Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Jalan layang atau fly over Pasupati, yang selama ini menjadi ikon Kota Bandung, sebentar lagi akan berganti nama. Fly over tersebut berganti nama menjadi Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja, pascadisetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Fly over ini sudah menjadi ciri khas dari Kota Kembang, Bandung. Jalan ini merupakan penghubung antara pintu keluar Tol Pasteur ke Kota Bandung dan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat yakni Gedung Sate.

Usulan penggantian nama Pasupati menjadi Prof Mochtar Kusumaatmadja adalah bentuk apresiasi masyarakat, khususnya Jawa Barat dan Kota Bandung atas kiprah yang sudah ditorehkan almarhum Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja.

Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Jabar Dewi Sartika menuturkan, penyematan nama ini menjadi bagian dari penghormatan warga Jabar terhadap sumbangsih pemikiran dan perjuangan Mochtar Kusumaatmadja di kancah internasional.

"Pengusulan nama Jalan Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja ini berasal dari civitas Universitas Padjadjaran dan mendapat dukungan dari Pak Gubernur," kata Dewi dalam keterangan resminya, Kamis (24/2).

Dewi menerangkan, peresmian nama baru yang direncanakan digelar dalam waktu dekat ini merupakan sebuah langkah untuk memenuhi persyaratan pengusulan pahlawan nasional

"Adanya monumen atau artefak berupa gedung/jalan, dan sebagainya di daerah pengusul," ujar Dewi.

Sementara itu, Rektor Unpad Bandung Rina Indiastuti mengatakan, usulan Gubernur Jabar Ridwan Kamil tersebut merupakan dukungan untuk memperkuat pengajuan Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional.

Fly over Pasupati akan berganti nama menjadi Jalan Mochtar Kusumaatmadja
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News