Coba Inovasi Teknologi Karya Warga Depok, Sandiaga : Bisa Mencium Hajar Aswad Virtual

Sabtu, 22 Juli 2023 – 19:15 WIB
Coba Inovasi Teknologi Karya Warga Depok, Sandiaga : Bisa Mencium Hajar Aswad Virtual - JPNN.com Jabar
Menparekraf, Sandiaga Uno bersama Seda Depok, Supian Suri. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kota Depok, melalui Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kretif).

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga mencoba sebuah inovasi hasil warga Depok, yakni teknologi virtual reality.

"Ada komunitas ekonomi kreatif Depok yang telah terpilih menjadi nominasi UNESCO Kreative City mewakili Indonesia dibidang media, art, dan teknologi. Produk yang didorong adalah berbasis high teknologi, yaitu virtual reality," ucap Sandiaga, Sabtu (22/7).

Dia menjelaskan, melalui virtual reality tersebut, dirinya bisa mencium Hajar Aswad secara virtual.

"Seperti ada di Mekkah, berulang kali saya ke Baitullah tetapi belum bisa mencium Hajar Aswad, kini bisa mencoba secara virtual, untuk pertama kali dan tidak berdesak-desakan," jelasnya.

Dia mengungkapkan, bahwa teknologi ini dikembangkan untuk proses manasik haji, dan bagi masyarakat yang ingin memiliki pengalaman baru.

"Ini untuk manasik, tetapi bisa juga untuk masyarakat yang belum pernah merasakan pergi umroh atau haji untuk bertawaf atau sa'i, sehingga ada bantuan teknologi," terangnya.

Kemenparekraf juga terus berupaya, mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dengan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku UMKM sektor ekonomi kreatif dalam mengeksplorasi, dan mengembangkan ide-ide kreatif serta inovatif, sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya.

Sandiaga Uno mencoba sebuah teknologi hasil karya warga Depok, yakni virtual reality yang mrmbuatnya bisa mencium Hajar Aswad secara virtual
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News