Banyak Temuan KK Palsu di PPDB Jalur Zonasi, Bima Arya Bentuk Tim Khusus

Minggu, 09 Juli 2023 – 10:30 WIB
Banyak Temuan KK Palsu di PPDB Jalur Zonasi, Bima Arya Bentuk Tim Khusus - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bogor, Bima Arya saat meninjau secara langsung proses PPDB jalur zonasi di Kota Bogor. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Wali Kota Bogor, Bima Arya menemukan indikasi kecurangan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 melalui jalur zonasi. Dia pun langsung membentuk tim khusus untuk memastikan semuanya sesuai aturan.

Temuan tersebut menyusul adanya aduan dari warga melalui kanal khusus yang dibuka beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Kamis (6/7) petang, Bima Arya bersama tim dan camat melakukan pengecekan lapangan ke salah satu titik koordinat PPDB Jalur Zonasi, tepatnya di Gang Selot dan Jalan Kantor Batu, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, yang berada tak jauh dari SMPN 1 Kota Bogor dan SMAN 1 Kota Bogor.

Dari pengecekan lapangan ditemukan sejumlah fakta yang tak sesuai dengan data yang digunakan oleh peserta PPDB, seperti ketidaksesuaian antara data kependudukan dan fakta di lapangan.

Tak berhenti di situ, setelah pengumpulan data dan melakukan investigasi serta analisa awal temuan di lapangan, Bima Arya kemudian mengecek proses PPDB di SMPN 1 Kota Bogor, dengan membawa sejumlah data untuk diverifikasi, pada Jumat (7/7).

Dari hasil verifikasi di SMPN 1 Kota Bogor, indikasi adanya data palsu yang digunakan oleh salah satu pendaftar PPDB semakin menguat.

Sebab di sana operator sekolah mengakui tidak melakukan verifikasi lapangan dikarenakan menurutnya tidak masuk dalam kewenangannya.

Berbekal verifikasi itu, Bima Arya mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, untuk mengecek dan tindak lanjut aduan warga.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menemukan indikasi kecurangan PPDB 2023 jalur zonasi. Dia pun langsung membentuk tim khusus untuk memastikan semuanya sesuai aturan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News