Cegah Hewan Cidera Warga Depok Ciptakan Alat Penyembelih Kurban

Kamis, 29 Juni 2023 – 17:15 WIB
Cegah Hewan Cidera Warga Depok Ciptakan Alat Penyembelih Kurban - JPNN.com Jabar
Warga Kampung Sidamukti saat melakukan penyembelihan menggunakan alat perebah hewan. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Guna mencegah cidera pada hewan kurban serta mempersingkat waktu pemotongan, DKM Masjid Baiturrahmah, Kampung Sidamukti, RT 5, RW 10, Kecamatan Cilodong, Kota Depok gunakan alat khusus untuk memotong hewan kurban.

Ketua DKM, Tata Iswanta mengatakan, alat perebah hewan ini dinilai sangat efektif, di mana mereka sudah tiga tahun menggunakan alat tersebut.

"Pertama dari segi waktu sangat efisien, ketika menjatuhkan hewan secara manual itu membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit, bahkan bisa lebih, tergantung dari jenis hewannya. Dengan alat perebah ini hanya dengan 15 menit itu sudah bisa disembelih," ucapnya, Kamis (29/6).

Dia menerangkan alat berukuran lebar dua meter, tinggi 170 centimeter itu dibuat oleh jemaahnya.

"Kami pesan di salah satu jemaah tukang las, awalnya memang lihat bagaimana alat perebah hewan yang sudah ada sebelumnya. Kemudian kami contoh dan kami buat sendiri," tuturnya.

Dia mengaku tiga tahun lalu membuat alat tersebut dengan biaya Rp 5 juta dengan menggunakan besi yang tebal.

"Kami gunakan besi tebal, agar tidak mudah rusak ketika dipakai," ungkapnya.

Ini juga dilakukan untuk mencegah cidera dan sapi berontak saat hendak disembelih.

Warga Kampung Sidamukti, Kota Depok miliki alat perebah hewan untuk meminimalisir adanya cidera pada hewan kurban, dan hanya membutuhkan waktu 15 menit.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News