Siang Ini Komisi IV akan Panggil Disdik Terkait Polemik Wisuda TK Hingga SMA di Kota Bogor

Senin, 19 Juni 2023 – 09:00 WIB
Siang Ini Komisi IV akan Panggil Disdik Terkait Polemik Wisuda TK Hingga SMA di Kota Bogor - JPNN.com Jabar
Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri. Foto : Source for JPNN

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Fenomena wisuda di tingkatan TK hingga SMA saat ini tengah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat.

Sebab, tidak sedikit dari orang tua murid yang mengeluhkan kegiatan wisuda ini karena menganggap seharusnya wisuda hanya untuk tingkat pendidikan perguruan tinggi.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri mengaku akan memanggil Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, karena fenomena wisuda untuk pelajar ini juga muncul di sekolah-sekolah yang ada di Kota Bogor.

“Kami ingin meminta penjelasan dari Disdik, sekaligus kami ingin memetakan dan mengevaluasi acara seremoni wisuda yang telah di keluhkan oleh wali murid ini,” ucap pria yang akrab disapa Gus M itu.

Dirinya juga mempertanyakan esensi dari kegiatan wisuda yang digelar oleh sekolah-sekolah, apakah bentuk momen bersejarah atau hanya pemborosan yang terlalu diromantisasi.

Sehingga, menurut Gus M perlu adanya surat edaran dari Disdik kepada pihak sekolah agar mempertimbangkan pelaksanaan wisuda.

“Pihak sekolah juga harus memahami, tidak semua wali murid bisa menerima wisuda, ada yang pro ada juga yang kontra, bahkan mengecam wisuda TK sampai SMA. Sehingga jangan sampai kami membudayakan kegiatan teaterikal yang sebenarnya tidak terlalu urgen dan malah menghabiskan banyak dana,” tuturnya.

Dia menerangkan bahwa wisuda merupakan upacara peneguhan atau pelantikan bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan.

Komisi IV DPRD Kota Bogor siang ini berencana memanggil Disdik untuk membahas terkait fenomena wisuda pada jenjang TK hingga SMA di Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News