Makna dan Nilai Filosofis "RuBo" Sang Maskot Kota Bogor

Minggu, 04 Juni 2023 – 15:00 WIB
Makna dan Nilai Filosofis
Wali Kota Bogor, Bima Arya saat mengelilingi Kota Bogor bersama RuBo di sela-sela perayaan Hari Jadi Bogor. Foto : Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kota Bogor kini resmi memiliki maskot. Tepat di Hari Jadi ke-541 Bogor (HJB), maskot bernama Rusa Bogor atau RuBo resmi dilaunching Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Untuk memunculkan maskot ini, sebelumnya dilakukan kajian survei selama delapan hari dari 13-20 April 2023.

Ada 3.169 responden, 81 persen warga Kota Bogor dan 19 persen warga luar Kota Bogor.

Hasil kajian survei berupa kuesioner ini kemudian disayembarakan. Sayembara desain yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada 28 April-10 Mei 2023 diikuti 88 peserta secara nasional dengan melibatkan juri dari seniman, akademisi dan perwakilan masyarakat.

Desain RuBo dirancang langsung Mahdi Albart warga Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat.

Sedangkan kostum RuBo dibuat Romas, pengrajin kostum cosplay asal Malabar, Kecamatan Bogor Tengah.

Bima Arya menyampaikan RuBo menjadi milik semua warga Kota Bogor dan boleh diproduksi oleh seluruh UMKM di Kota Bogor sebagai merchandise.

“Jadi, kalau orang Jakarta dan sekitarnya ke Bogor tidak hanya mencari roti unyil, talas dan lainnya, tetapi juga merchandise RuBo," katanya.

Bertepatan dengan HJB ke-541, Wali Kota Bogor Bima Arya meluncurkan maskot yang diberi nama RuBo alias Rusa Bogor. Begini makna dan filosofisnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News