Gegara 3 Hal Ini, Bima Arya Sandingkan Gaya Kemimpinan Ganjar Pranowo Dengan Prabu Siliwangi

Jumat, 02 Juni 2023 – 19:45 WIB
Gegara 3 Hal Ini, Bima Arya Sandingkan Gaya Kemimpinan Ganjar Pranowo Dengan Prabu Siliwangi - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bogor, Jawa Barat Bima Arya Sugiarto (kanan) usai memberi kujang kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) pada acara Sarahsehan Kebangsaan di Puri Begawan, Kota Bogor, Jumat (2/6/2023). (ANTARA/Linna Susanti)

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyandingkan gaya kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan Maha Raja Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pakuan Pajajaran yang sama-sama dicintai masyarakatnya.

Bima Arya mengatakan ada tiga ciri kepemimpinan Prabu Siliwangi yang tersohor dan membuat warganya tetap mencintai sosoknya yang juga dimiliki oleh Ganjar Pranowo.

"Nah, bapak, ibu sekalian, Mas Ganjar, Prabu Siliwangi ini dahsyat luar biasa. Tadi pagi, waktu lari, kawan saya sempat diskusi dengan Mas Ganjar soal Prabu Siliwangi," kata Bima Arya, dalam sambutan Sarahsehan Kebangsaan di Puri Begawan, Jumat (2/6).

Bima menuturkan kedatangan Ganjar Pranowo pada tanggal 2 Juni 2023 diapit oleh dua hari penting, yakni Hari Lahir Pancasia pada tanggal 1 Juni dan Hari Jadi Bogor ke-541 tanggal 3 Juni sejak zaman Kerajaan Pakuan Pajajaran.

Kedua hari penting itu juga berhubungan dengan sejarah Indonesia, karena Bung Karno sebagai pendiri Indonesia mungkin saja menyerap nilai-nilai dari Prabu Siliwangi yang diperas menjadi nilai-nilai Pancasila.

Meskipun di satu sisi kisah tentang Prabu Siliwangi dianggap sebagai mitos, legenda, bahkan ada yang percaya belum wafat dan ada yang percaya "ngahiang" atau menghilang, tetapi semua itu bukti sosok Prabu Siliwangi dicintai rakyatnya.

"Jadi kalau dicintai mendekati mitos? seperti pencinta Bung Karno? yang mungkin menanggap sampai saat ini Bung Karno bersemedi di suatu tempat, karena saking cintanya kepada Bung Karno, legacy-nya panjang gitu. Mengapa seperti itu? "clean and clear" bapak, ibu, jelas sekali, keamanan, kesejahteraan dan keberagaman itu jaya di masa Prabu Siliwangi," ungkap Bima.

Kerajaan Pajajaran, ibu kota-nya dibangun parit, yang mengelilingi kerajaan yang berfungsi menjaga keamanan dan kesejahteraan untuk warganya. Di samping itu, Prabu Siliwangi pluralis sejati, menghargai keberagaman, mengayomi perbedaan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyandingkan gaya kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan Maha Raja Prabu Siliwangi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News