143 Ruas Jalan Siap Diperbaiki Pemkab Bekasi di Tahun Ini

Senin, 22 Mei 2023 – 15:30 WIB
143 Ruas Jalan Siap Diperbaiki Pemkab Bekasi di Tahun Ini - JPNN.com Jabar
Ilustrasi perbaikan jalan. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengoptimalkan potensi anggaran tambahan yang bersumber dari pemerintah pusat dan provinsi untuk menggenjot perbaikan infrastruktur jalan tahun ini akibat terkendala keterbatasan kemampuan keuangan daerah.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan perbaikan infrastruktur jalan tahun ini direncanakan dilakukan terhadap 143 titik ruas jalan se-Kabupaten Bekasi, melalui skema pembiayaan APBD setempat ditambah opsi bantuan APBN serta APBD Provinsi Jawa Barat.

"Kalau sumber anggaran, kemarin kami sudah bertemu DPR RI, sudah ada kesiapan sekitar Rp85 miliar untuk dua ruas jalan yang akan diturunkan tahun ini, sedang kami bahas soal teknis bantuan. Kemudian APBD Provinsi juga ada, tetapi memang kemungkinan di 2024," katanya.

Dia mengaku optimistis tambahan anggaran untuk infrastruktur ini mampu mendukung percepatan pembangunan daerah sekaligus peningkatan realisasi pembangunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Di daerah CBL, Gabus, dan Cibarusah, memang masih sedang dalam pembicaraan, tetapi sudah semakin mengerucut bisa dilakukan," katanya.

Menurut dia penyebab kerusakan infrastruktur jalan di Kabupaten Bekasi adalah letak wilayah yang kerap dilintasi kendaraan bertonase tinggi.

Selain itu, keterbatasan pembiayaan perbaikan akibat pengalihan anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 sejak 2020.

"Oleh karena itu, kami harus memastikan spesifikasinya betul-betul sesuai dengan yang kami rancang. Sekarang kami ada metode e-katalog. Ternyata di sana ada dua keuntungan untuk yang beton kami tidak ada banting-bantingan harga, kedua masa pemeliharaan bisa dua tahun, kalau hotmix satu tahun," ucapnya.

Pemkab Bekasi siap memperbaiki 143 ruas jalan yang rusak di tahun ini, dengan menggunakan APBD pribadi, maupun APBD Provinsi dan APBN.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News