Pemkot Bandung Buka Rencana Tutup Kembali TPA Cicabe

Kamis, 18 Mei 2023 – 20:45 WIB
Pemkot Bandung Buka Rencana Tutup Kembali TPA Cicabe - JPNN.com Jabar
Tumpukan sampah yang sempat terjadi di TPS Pasar Rahayu, Cigondewah, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menutup kembali TPA dadurat Cicabe, apabila operasional di TPA Sarimukti sudah membaik.

“Kalau terjadi, komitmen kami Cicabe dihentikan, kembali ke Sarimukti,” kata Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna dalam keterangannya, dikutip Kamis (18/5).

Ema mengungkapkan, setelah kondisi TPA Sarimukti yang membludak pasca Idulfitri, saat ini operasional berangsur pulih.

Artinya, Pemkot Bandung punya peluang untuk kembali melakukan ritasi sebanyak 210 kali.

“Alhamdulillah Sarimukti membaik, ada peluang untuk Pemkot Bandung kembali melakukan ritasi 210 kali. Artinya, 1.200 ton sampah ini ada potensi peluang bisa kembali ke TPA,” ujarnya.

Meski demikian, Ia tetap mengimbau supaya sampah harus dikelola dengan baik supaya Kota Bandung tidak ketergantungan pada keberadaan TPA Sarimukti.

Menurutnya, edukasi kepada masyarakat menjadi hal utama untuk pengelolaan sampah, sehingga mampu selesai langsung di sumbernya.

“Satu sisi edukasi masyarakat menjadi keniscayaan. Kang Pisman 3R atau KBS (Kawasan Bebas Sampah) menjadi target kami. Itu durasi yang cukup panjang, mengubah mindset tidak mudah,” tuturnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menutup kembali TPA dadurat Cicabe, apabila operasional di TPA Sarimukti sudah membaik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News