32 Ribu Polisi RW Disebar ke Seluruh Wilayah Jabar

Senin, 15 Mei 2023 – 13:20 WIB
32 Ribu Polisi RW Disebar ke Seluruh Wilayah Jabar - JPNN.com Jabar
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Fadil Imran bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat peluncuran Polisi RW untuk bertugas di wilayah hukum Polda Jawa Barat di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (15/5). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Fadil Imran meluncurkan program Polisi RW, untuk bertugas di wilayah hukum Polda Jawa Barat.

Peluncuran Polisi RW ini dimulai dengan menggelar apel bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (15/5).

Fadil mengatakan, program Polisi RW dibentuk guna mengatasi permasalahan keamanan yang berpotensi muncul dari basis komunitas terendah, yakni lingkungan rukun warga (RW).

“Sebenarnya Polisi RW itu tugasnya adalah bagaimana mewujudkan RW sejuk dan aman dengan security assesment, polisi akan lakukan itu dengan ketua RW setempat dan elemen masyarakat lainnya,” kata Fadil seusai apel.

Fadil memaparkan, Polri menerjunkan 32 ribu personel yang disebar hampir di 70 ribu RW di 27 kota/kabupaten di Jabar.

Selain menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat, menurutnya kehadiran polisi di ruang lingkup RW pun diharapkan bisa mewujudkan polisi sebagai pengayom bagi masyarakat.

Sebab menurutnya, Polisi RW juga perlu memahami permasalahan masyarakat di tingkat RW mulai dari ekonomi warga, hingga kasus stunting.

“Bukan mengutamakan penegakan hukum tapi mencegah itu lebih murah, lebih efektif. Kalau RW aman, kelurahan aman, dan seterusnya juga bakal aman,” ujarnya.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran meluncurkan program Polisi RW untuk bertugas di wilayah hukum Polda Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News