Tiket Mudik Murah Hingga Gratis, Solusi Jitu Tekan Jumlah Pengendara Motor di Mudik Lebaran Tahun Ini

Senin, 03 April 2023 – 13:45 WIB
Tiket Mudik Murah Hingga Gratis, Solusi Jitu Tekan Jumlah Pengendara Motor di Mudik Lebaran Tahun Ini - JPNN.com Jabar
Ilustrasi mudik lebaran menggunakan sepeda motor. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno sebut penggunaan sepeda motor untuk mudik lebaran menjadi pilihan yang banyak dilakukan pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Dirinya mengatakan sebelum pandemi melanda Indonesia, jutaan sepeda motor digunakan untuk mudik di setiap tahunnya.

"Dari hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan menyebutkan pada 2023 ada potensi 25,13 juta unit sepeda motor (pilihan kedua setelah mobil pribadi 27,32 juta unit) yang digunakan selama periode mudik lebaran," tuturnya, Senin (3/4).

Menurutnya pemilihan sepeda motor untuk mudik lebaran bukan tanpa alasan. Sebab saat masyarakat mudik menggunakan motor biaya yang dikeluarkan tergolong jauh lebih murah.

Ditambah lagi saat masyarakat mudik menggunakan sepeda motor hal itu akan mempermudah mobilitasnya saat berada di kampung halaman.

"Ongkos yang dikeluarkan menggunakan sepeda motor lebih murah, ketimbang dengan mobil pribadi atau transportasi umum," terangnya.

Kelebihan menggunakan sepeda motor saat mudik adalah tetap dapat bepergian ke mana-mana di daerah tujuan, entah untuk silaturahmi, wisata atau sekedar jalan-jalan di lingkungan terdekat.

"Itulah yang tidak dapat diperoleh jika menggunakan moda transportasi umum, sehingga pilihan mudik memakai sepeda motor terasa sangat menguntungkan," ujarnya.

Pengamat sebut untuk menekan pemudik dengan sepeda motor, pemerintah harus menyediakan transportasi massal yang terjangkau, serta menyediakan mudik gratis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News