Bogor Jadi Salah Satu Kota Peduli Perubahan Iklim Versi Riset ITB

Selasa, 15 Februari 2022 – 10:50 WIB
Bogor Jadi Salah Satu Kota Peduli Perubahan Iklim Versi Riset ITB - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat mensosialisasikan program Bogor Tanpa Plastik (Bota). Foto : Dokumen Pemkot Bogor

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pusat inovasi kota dan komunitas cerdas Institut Teknologi Bandung (ITB) merilis hasil riset tentang Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021, dan Kota Bogor masuk sebagai salah satu kota yang paling peduli terhadap perubahan iklim.

Ketua Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB Prof. Suhono Harso Supangkat mengatakan, ada lima kota di Indonesia yang dianggap paling peduli terhadap perubahan iklim, yakni Semarang, Surabaya, Kota Bogor, Kota Bandung, dan Kota Tangerang.

Ia menjelaskan, penilaian ini dilakukan sesuai dengan kategori yang dibuat untuk melihat dukungan kota dalam menghadapi perubahan iklim.

“Kami melihat bagaimana cara dan dukungan kota dalam menghadapi perubahan iklim yang berdampak pada panasnya permukaan bumi yang berasal dari peningkatan kadar CO2 atau karbon dioksida,” tuturnya, pada Selasa (15/2).

Ia mengatakan, indikator yang menjadi tolak ukur riset yakni, dukungan penggunaan energi terbarukan, meminimalisir kendaraan, dan pengelolaan lingkungan.

Riset yang dilakukan juga terkait substitusi energi, implementasi kendaraan hemat energi, penggunaan kendaraan umum, penambahan ruang terbuka hijau.

Beberapa tolak ukur tersebut digunakan untuk melihat seberapa jauh suatu kota dapat mengelola barbagai sumber daya secara efektif dan efisien, serta melihat bagaimana pemerintah daerah menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

"Kota menjadi objek riset karena saat ini urbanisasi masyarakat sudah tak terbendung. Kepadatan kota membuat gas karbon tak lagi terkontrol, sehingga ini berpengaruh kepada iklim," ujarnya.

Kota Bogor menjadi salah satu kota yang dinilai paling peduli terhadap perubahan iklim, bersama dengan empat kota lainnya di Indonesia. Yakni, Semarang, Surabaya, Kota Bogor, Kota Bandung, dan Kota Tangerang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News