Dinkes Kabupaten Bogor: 1.497 Petugas Pemilu Jatuh Sakit

Rabu, 21 Februari 2024 – 07:00 WIB
Dinkes Kabupaten Bogor: 1.497 Petugas Pemilu Jatuh Sakit - JPNN.com Jabar
Ilustrasi tenaga kesehatan (nakes). Foto Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor menangani 1.497 petugas pemilu yang jatuh sakit karena kelelahan saat maupun selesai bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Dari data terakhir yang kami himpun jumlah petugas yang sakit ada 1.497 orang dan angka kesembuhan 1.442 orang, serta dirawat di rumah sakit 19 orang," ungkap Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Bogor, Dyon Rivardin.

Ia menyebutkan 1.497 petugas pemilu yang jatuh sakit berdasarkan Data Fasyankes Online (DFO) ini didominasi oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ribuan petugas Pemilu itu diagnosa berbagai macam penyakit. Paling banyak adalah tekanan darah (hipertensi), perut kembung (dypepsia), saluran pernapasan (common cold), dan radang pada dinding lambung (gastritis).

"Untuk penyebab utama kelelahan, karena dapat mempengaruhi daya tahan petugas, terutama yang mempunyai faktor risiko," ungkap dia.

Dyon menyebutkan hingga kini Dinkes Kabupaten Bogor terus melakukan update jumlah petugas yang sakit maupun dirawat.

Selain melakukan penanganan terhadap petugas yang sakit, lanjut dia, Dinkes Kabupaten Bogor juga telah melaksanakan upaya preventif sebelum tahapan pemilu dimulai.

Dyon mengimbau kepada para petugas pemilu agar menyempatkan diri untuk beristirahat di sela penghitungan suara.

Dinkes Kabupaten Bogor menangani 1.497 petugas pemilu yang jatuh sakit karena kelelahan saat maupun selesai bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News