Lewat Program Pasar AMIN, Anies Baswedan Siap Mentransformasi Wajah Pasar Tradisional

Kamis, 07 Desember 2023 – 07:00 WIB
Lewat Program Pasar AMIN, Anies Baswedan Siap Mentransformasi Wajah Pasar Tradisional - JPNN.com Jabar
Capres Anies Baswedan mengawali kampanyenya di Provinsi Bengkulu dengan berkunjung ke Pasar Minggu Bengkulu, Teluk Sagara, Rabu (6/12/2023). Foto: Dok Timnas AMIN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dalam salah satu orasinya di titik kampanye Pasar Minggu, Bengkulu (6/12), Anies Rasyid Baswedan Calon Presiden No.1 mencanangkan apa yang disebut sebagai Program “Pasar AMIN”.

Menurut Nur Iswan, Jubir Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), konsep ini singkat, sederhana tetapi sarat makna.

Pasar “AMIN” adalah bentuk harapan dan cita-cita yang ingin dicapai.

“Merupakan kependekan dari Alhamdulillah-laris (dagangannya), Modalnya gampang (akses kredit), Irit biayanya (bunga rendah sehingga harga-harga kebutuhan pokok jadi murah atau kompetitif) dan Nyaman (bersih, tertib, tidak bau, tidak becek dan enak berbelanja),” ujarnya.

Kenapa konsep ini penting? Nur Iswan melanjutkan bahwa Anies ingin menyentuh hal mendasar yang harus ditata kembali dalam kehidupan sehari-hari masyarakat kita.

“Pasar adalah tempat di mana rakyat sebagai pembeli dan penjual senyatanya bertemu. Mas Anies-Cak Imin tak sekedar memaknai pasar untuk transaksi ekonomi, tapi juga diperluas sebagai ruang publik dan interaksi sosial,” katanya.

Negara dan pemerintah, kata Nur Iswan, harus memiliki political will untuk menjaga kehadiran pasar tradisional sekaligus memprioritaskan revitalisasi.

“Pasar tradisional jangan sampai hilang. Ada kurang lebih 14.182 pasar tradisional di Indonesia. Lebih dari 12 juta pedagang UMKM bertumpu nafkah-hidupnya disini. Jutaan keluarga juga membeli dan memenuhi kebutuhan pokoknya di pasar tradisional. Saatnya dimulai memberikan perhatian lebih ke pasar tradisional,” lanjut Jubir yang berlatar belakang profesional-korporasi dan Youtuber ini.

Melalui program Pasar AMIN Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar siap mentransformasi wajah pasar tradisional yang ada di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News